7 Hal yang Perlu Diperhatikan saat Buat Desain Brosur

Desain Brosur
Others

Mendesain brosur memang mudah. Tapi, apakah brosur tersebut menarik untuk dibaca? Untuk menghasilkan suatu desain brosur yang bagus, maka Anda juga harus memperhatikan banyak hal yang menunjangnya. Selain itu, Anda juga wajib menghindari berbagai kesalahan yang sering terjadi ketika mendesain sebuah brosur. Apa saja yang perlu Anda perhatikan?

  • Isi Brosur

Hal pertama yang harus Anda perhatikan isi dari brosur yang akan dibuat. Pastikan brosur tersebut mampu meneruskan pesan yang ingin disampaikan. Pesan yang dibuat haruslah kuat. Namun, Anda juga tak boleh memasukkan banyak pesan di dalamnya karena itu akan mengaburkan isi brosur yang ada. Cukup satu pesan dan satu tujuan saja.

  • Buat Deskripsi Pendek

Selain itu, cobalah cantumkan deskripsi pendek di dalam brosur mengenai instansi atau produk yang Anda tawarkan. Pendek saja. Jangan terlalu banyak memaparkan mengenai profilnya. Sebab, hal itu hanya akan memakan tempat di brosur dan pembacanya juga akan merasa bosan dan tak nyaman. Cukup yang ringkas dan padat serta mudah dimengerti saja.

  • Hilangkan Jargon

Jargon biasanya akan Anda jumpai pada banyak iklan komersial ataupun di layanan masyarakat. Untuk di brosur, sebaiknya Anda menghilangkannya. Kenapa? Sebab itu tidak tepat ada di brosur. Anda harus menggunakan hal baru yang tidak membosankan dan tentunya menarik minat pembaca tanpa harus menggunakan jargon.

  • Masukkan Nomor Kontak

Selain memberikan info tentang apa yang ditawarkan, di dalam brosur itu baiknya Anda juga memasukkan info tentang kontak. Tak hanya normor kontak saja yang bisa Anda masukkan. Alamat dan denah lokasi juga bisa. Namun, tentunya Anda harus menyesuaikan porsi dari kontak ini agar desain brosur Anda tidak berantakan dan terlalu penuh.

  • Hiasi dengan Gambar

Salah satu hal yang membuat gambar menjadi menarik adalah sebuah gambar. Gambar bisa membantu masyarakat untuk mengetahui maksud dan tujuan dari pesan dan isi brosur tersebut. Misalnya, Anda menawarkan tentang paket perjalanan, maka Anda bisa memasukkan gambar tentang destinasi wisata yang akan dikunjungi di dalamnya.

Bagimana kalau gambar ini makan terlalu banyak tempat? Anda bisa menindihnya dengan kata-kata tertentu, kok! Namun, pastikan bahwa gambar yang ada di dalamnya masih bisa dilihat dengan jelas dan formasinya sempurna. Anda juga bisa meminimalkan penggunaan kata di dalam brosur tersebut agar brosur bisa lebih mudah dipahami dan dimengerti.

  • Letakkan Logo di Dalamnya

Selalulah masukkan logo instansi atau produk Anda di dalam brosur tersebut untuk memperkenalkan dan mengakrabkannya dengan masyarakat. Dengan sering melihat logo, maka masyarakat akan lebih mudah menerima brosur yang ke depannya akan ditawarkan lagi pada mereka. Hal ini juga akan membuat usaha Anda lebih mudah dikenal orang.

  • Konsisten

Paling penting, Anda harus konsisten dalam membuat desain untuk brosur ini. Jangan gunakan beragam model huruf dalam satu brosur. Paling tidak, gunakan dua model saja. Jangan untuk baris pertama menggunakan Arial, baris dua menggunakan Calibri dan baris selanjutnya beda lagi. Hal ini jelas akan membuat tampilan web Anda berantakan.

Nah, sebenarnya membuat desain brosur itu tak terlalu susah, kan? Paling penting, Anda memperhatikan hal-hal yang diperlukan dalam membuat desain dari suatu brosur tersebut. Selain hal di atas, pastikan Anda juga memilih warna dasar yang sesuai. Pilih warna yang oke dan tidak norak untuk menarik perhatian masyarakat dan kalau bisa tak mudah pudar.

shares